Pages

Saturday, November 20, 2010

Learning Centre dan BTP IT Telkom

Pusat menggali ilmu dan kewirausahaan

Naaah…ini nih gedung favoritku dan mungkin juga gedung favorit semua mahasiswa IT Telkom. Hhe. . Maklumlah, gedung Learning Centre (LC) ini gedung yang paling megah, paling nyaman, paling bersih, dan paling keren se-IT Telkom. Belum lengkap rasanya kalo berkunjung ke Institut Teknologi Telkom tapi nggak berfoto di depan gedung LC ini. Khususnya di tangga depan gedung LC ini yang kira-kira ada 28 anak tangga disana. Hmm, kenapa?? Nggak tau kenapa, kalo aku turun lewat tuh tangga rasanya kayak turun dari khayangan. .hhahaha. .(lebay). Tapi beneran loh, pertama kali aku lewat tuh tangga (pas registrasi mahasiswa baru) rasanya tuh bangga banget bisa masuk IT Telkom (Cuma gara2 tangganya. .hhahaha. .). Di lantai 1 gedung LC ada lift yang bisa nganter kita ke lantai 2 dan lantai 3, tapi aku sama salah satu temenku (sebut dia Allo :D ) malah lebih suka capek2 naik tangga itu kalo mau ke lantai 2. Beneran deh, kayak ada satu sensasi sendiri kalo lewat tuh tangga. Hhahaha. . .
Hmm, udah ya ngomongin tangganya. . ^^
Seperti halnya kalau kita berkunjung ke paris, belum lengkap rasanya kalau kita tidak berkunjung ke menara Eifel. Di IT Telkom juga gitu, belum lengkap rasanya kalau kita berkunjung ke IT Telkom kalau kita tidak berkunjung ke gedung Learning centre. Emang apa sih gedung LC ini dan apa sih gunanya??
Okee, check it out. . . :D
Gedung LC memang telah dipersiapkan segalanya dari sisi teknis dan nonteknis, bahkan sisi estetika dan image perpustakaan pun sudah diperhitungkan. Dirancang hemat energi ruang perpustakaan sangat memperhatikan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Bahkan pada tahap keseluruhan, bangunan ini dirancang sebagai bangunan kembar membentuk sebuah buku yang sedang terbuka. Pembangunan gedung LC yang penuh perhitungan terdiri atas lima lantai dan tiga lantai diantaranya diperuntukan bagi perpustakaan. Rencana keseluruhannya, gedung itu terdiri dari delapan lantai dan lima lantai diantaranya disediakan untuk perpustakaan. Namun, bangunan tahap pertama ini jelas sudah sudah lebih luas tiga kali lipat dari gedung lama, sehingga bisa dilengkapi ruang multimedia, ruang belajar bahasa Inggris/ESAP, ruang diskusi, ruang presentasi, tempat kursus dan pelatihan, bank, café, dan ruang public di lantai 1.
Kepindahan perpustakaan ke gedung LC, selain karena kapasitas gedung lama sudah tidak memedai, juga bertujuan agar perpustsakaan bisa lebih berperan dalam perkembangan proses belajar, bukan sekadar tempat baca. LC lebih luas fungsinya dari perpustakaan, yakni menjadi tempat utama yang nyaman bagi semua orang dalam mencari dan menggali ilmu pengetahuan, khususnya di bidang telekomunikasi.
Tak hanya untuk perpustakaan, gedung LC pun dialokasikan sebagai wadah pengembangan riset dan kewirausahaan melalui Bandung Techno Park (BTP). Meski pembangunan BTP belum selesai, tapi salah satu bagiannya, yakni Pusat Desain Telekomunikasi (PDT) sudah menempati sebagian lantai dasar gedung LC, selain PDT, masih berlokasi di lantai dasar gedung LC, IT Telkom telah menyiapkan E-Camp (Entrepreneurship – Camp) untuk pembinaan beberapa Usaha Kecil Mahasiswa.
Menyadari besarnya minat terhadap kewirausahaan, IT Telkom berusaha menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa dengan kegiatan-kegiatan BTP dan E-Camp. Walau begitu, fasilitas BTP nantinya dapat digunakan pihak luar yang ingin mengembangkan usahanya. Fasilitas BTP yang sedang dalm proses pembangunan, rencananya akan dilengkapi enam gedung untuk Research and Development (R&D), Pelatihan, Inkubator Bisnis, Pergudangan (Logistik), dan kegiatan Pembinaan.
Sampai saat ini, BTP IT Telkom sudah bekerja dengan berbagai pihak untuk pengembangan kegiatan kewirausahaan, diantaranya dengan perguruan-perguruan tinggi di-Indonesia, kalangan industry, beberapa kementrian, seperti Kementrian  Perindustrian, Kementrian Pendidikan Nasional, Kementrian Komunikasi dan Informasi, ETRI Korea, dan beberapa pusat technopark di Taiwan, seperti ITRI (Industrial Technology Research Institute), Nan Kang Software Park (NKSP), dan NT UST (National Technology University of Science and Technology).
Mengandalkan link ABG (Academic – Business – Government), BTP IT Telkom bermimpi menyatukan semua elemen untuk memajukan teknologi informasi di Indonesia. Bila pengelolaan BTP dan pusat p Telkom didukung semua pihak, tidak menutup kemungkinan ke depannya akan maju pesat.

No comments:

Post a Comment